Cara mudah membuat dan menggunakan Kabel EDL atau DFC untuk Semua Device Xiaomi Qualqomm


Green Soft - Deep Flash Cable (DFC) adalah sebuah kabel USB modifikasi yang fungsinya untuk mengaktifkan mode Emergency Download Mode (EDL) pada smartphone yang ditandai dengan driver yang terdeteksi menjadi Qualcomm Hs-USB QDLoader 9008.  Dengan menggunakan kabel ini anda akan dengan mudah beralih ke mode EDL tanpa harus menggunakan fastboot to EDL atau dengan memilih menu download pada mode recovery.

Namun ada beberapa kasus yang mengakibatkan Xiaomi smartphone tidak lagi dapat beralih ke mode EDL ini dikarenakan smartphone tidak dapat  mengakses mode fastboot, recovery dan bahkan tidak dapat dinyalakan kembali, otomatis komputer pun tidak dapat lagi mendeteksi driver .

Ada dua cara sebenarnya untuk mengatasi hal ini pertama dengan menggunakan kabel DFC ini dan kedua menggunakan metode Test Point, menurut saya lebih mudah menggunakan kabel DFC  ketimbang harus menggunakan test point karena tidak semua orang mengetahui titik "point" yang harus dilakukan yang tujuan untuk memancing smartphone agar terdeteksi Qualcomm Hs-USB QDLoader 9008.

Naah...  sekarang bagi yang tertarik untuk membuat kabel DFC ini dapat mengikuti tutorial berikut ini.

Persiapan yang diperlukan :

1.       Kabel data USB Android yang berkualitas baik (terserah yang penting dapat terkoneksi ke PC tidak perlu kabel data Xiaomi...sayang gan di potong)
2.       Kabel ukuran kecil sebagai penghubung
3.       Lakban "Isolasi" listrik
4.       Pisau Cutter atau Silet

Setelah anda mempersiapkan bahan-bahan  untuk membuat kabel DFC ini, berikut adalah langkah - langkah yang harus dilakukan agar kabel tersebut dapat berfungsi dengan baik.


Pertama, potong kabel yang digunakan sebagai sakelar/ switch secukupnya yang nantinya kita akan hubungkan dengan kabel data USB tersebut. Anda juga dapat menambahkan tombol sakelar ON / OFF yang di jual di toko elektronik agar lebih rapi. Karena tutorial yang saya buat ini, hanya menggunakan bahan seadanya sakelar tersebut tidak saya masukkan dalam bahan pembuatan kabel ini.

Kedua, kupas bagian kabel USB pada titik yang anda inginkan namun jangan terlalu mendekati pada konektor USB tersebut usahakan berada di posisi tengah kabel atau 1/4 bagian kabel yang mendekati Micro USB yang intinya untuk mempermudah melakukan switch hubungkan / lepas [ON/OFF].

Kupas / potong secara perlahan pada bagian tersebut menggunakan pisau cutter / silet usahakan jangan sampai putus kabel-kabel yang ada di dalamnya.

Setelah isi kabel tersebut anda kupas, maka akan terlihat empat warna merah, putih, hijau dan hitam kemudian cari kabel hijau dan hitam yang nantinya kita akan hubungkan dengan kabel penghubung untuk dijadikan sebagai sakelar, untuk lebih jelasnya anda dapat melihat skema di bawah ini. 


Ketiga, setelah anda menghubungkan masing - masing kabel tersebut dengan baik beri lakban "isolasi"  yang fungsinya untuk melindungi kabel yang kita hubungkan tadi tidak saling berdempetan atau terjadinya 'short". Dan terakhir jangan lupa juga mengupas pelindung lapisan pada bagian kabel yang menjadi sakelar tersebut yang nantinya kita jadikan [ON/OFF].

Namun menurut saya bagi yang tidak ingin direpotkan dan sayang dengan kabel data yang akan kita jadikan sebagai kabel DFC, anda dapat membeli DFC Qualcomm yang banyak di jual di toko online dengan harga yang bervariasi cari yang paling murah dan paling cepat sampai ke rumah hehe..


Cara Menggunakan Kabel EDL atau DFC


Pertama, Install Driver Qualcomm. Download DISINI

Kedua, hubungkan kabel hitam dan hijau terlebih dulu (atau menekan tombol switch/ saklar), kemudian koneksikan HP ke PC dengan kabel USB. tunggu beberapa saat, setelah itu baru lepaskan kabel Hitam dan Hijau yang kita hubungkan pertama kali tadi. Tidak lama setelah kita melepas kedua kabel tersebut, PC akan mendeteksi device baru yang tidak lain adalah Qualcomm HS-USB QD-loader 9008. Lihat di device manager tampil seperti dibawah ini: 


Demikian semoga bermanfaat... Goodluck..... Bantu saya mengembangkan website ini menjadi lebih baik lagi, semakin banyak di share semakin banyak yang terbantu, semakin semangat saya menulis artikel hehe dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar apabila tutorial ini bermanfaat bagi anda.


Sumber: Miuipedia.com

0 Response to "Cara mudah membuat dan menggunakan Kabel EDL atau DFC untuk Semua Device Xiaomi Qualqomm"

Posting Komentar